Kamis, 13 Januari 2011

Mengoperasikan Microsoft Word

MENGETIK DOKUMEN SEDERHANA

Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan. Setiap mengetikkan teks, teks yang di ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse.

Jika teks yang sedang di ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombol Enter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.

Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombol Enter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan.

Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Surat Pengantar.


MENGEDIT TEKS

Jika membuat kesalahan selama proses pengetikan, maka dapat memperbaikinya dengan berbagai cara, seperti di bawah ini :
  • Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
  • Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
  • Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
  • Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
  • Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.

A. MENYALIN TEKS (COPY)

Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini.

1.   Pilih teks yang akan Anda salin.
2.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3.      Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

Selain cara tersebut di atas, Anda dapat juga menyalin teks degan menggunakan tombol.

 


B. MEN-DELETE (MENGHAPUS TEKS)

Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.

1.      Pilih teks yang akan anda hapus.
2.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.

C. MENG-CUT-PASTE (MENINDAHKAN TEKS)

Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini.

1.   Pilih teks yang akan Anda pindahkan.
2.      Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3.      Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4.   Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).





D. FORMAT TEKS

Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini.
  • Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
  • Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

1. Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)

Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya telah Anda ketik, ikuti langkah berikut.
  • Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya. 
  • Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+F.
 

2. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)

Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini.
  • Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
  • Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
 


3. Memilih Gaya Tampilan Huruf (Font Style)

Untuk mengubah gaya tampilan huruf (font style) dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut ini.
  • Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah gaya tampilannya.
  • Untuk menampilkan huruf tebal, pilih dan klik tombol toolbar Bold yang terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+B.

 
  • Untuk menampilkan huruf miring, pilih dan klik tombol toolbar Italic yang terdapat pada baris toolbar  Formatting atau tekan tombol Ctrl+I  






4. Membuat Garis Bawah (Underline)

Untuk memberi garis bawah dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut ini.
  • Pilih atau sorot teks yang akan Anda beri garis bawah.
  • Pilih dan klik tombol toolbar Underline yang terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+U untuk memberi garis bawah tunggal, atau Ctrl+Shift+D untuk memberi garis bawah ganda, atau Ctrl+Shift+W untuk memberi garis bawah tunggal hanya pada kata.
 

5. Menentukan Warna Huruf (Font Color)

Bila diperlukan huruf yang telah anda ketikkan dapat ditampilkan dengan warna tertentu sehingga tampilan huruf tersebut terlihat lebih menarik. Untuk mengubah warna huruf (font color) dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut ini.
  • Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah warnanya.
  • Pilih dan klik warna yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Color yang terdapat pada baris toolbar Formatting.

 

Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombol Enter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan menggunakan salah satu cara berikut ini.
  • Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
  • Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini, semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

E. MENGATUR PERATAAN TEKS DALAM PARAGRAF

Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify).

Untuk mengatur perataan teks dari paragraf, ikuti langkah berikut ini.

1. Pilih dan tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan anda format.
2. Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog paragraph akan ditampilkan.
3. Pada kotak dialog Paragraph, klik tab Indent and Spacing. Pada tombol daftar pilihan, Alignment, pilih perataan teks yang anda inginkan.
  • Left untuk perataan kiri.
  • Centered untuk penempatan di tengah.
  • Right untuk perataan kanan.
  • Justified untuk perataan penuh di kiri dan kanan.

4. Contoh format paragraf yang Anda pilih, dapat Anda lihat pada kotak Preview.
5. Klik OK.

Selain itu, perataan teks dari paragraf dapat dilakukan dengan menekan salah satu dari tombol.



F. MENGATUR IDENTASI

Anda dapat mengatur indentasi paragraf terhadap margin kiri, margin kanan atau keduanya. Anda juga dapat membuat indentasi hanya pada baris pertama dari paragraf atau membuat indentasi gantung. Untuk mengatur indentasi paragraf, ikuti langkah berikut ini.

1.      Pilih dan tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda format.
2.      Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
3.      Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing.
4.      Pada bagian Indentation, atur indentasi yang anda inginkan.
  • Kotak isian Left, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kiri.
  • Kotak isian Right, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kanan.
  • Kotak daftar pilihan Special, untuk menentukan indentasi khusus dengan jarak sesuai dengan yang Anda isi pada kotak By.
  • (none), jika tidak ada indentasi khusus.
  • First line, jika indentasi kiri hanya untuk baris pertama saja.
  • Hanging, jika ingin membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris lain selain baris pertama.

5.      Contoh format paragraf yang anda pilih, dapat anda lihat pada bagian kotak Preview.
6.      Klik OK.

G. MENGATUR JARAK SPASI BARIS

Apabila diperlukan, Anda dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris menggunakan menu, ikuti langkah berikut.

1.      Pilih atau tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda format.
2.      Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
3.      Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing.
4.      Pada bagian Spacing, tentukan jarak spasi baris yang anda inginkan.
  • Kotak isian Before, diisi dengan jarak spasi sebelum paragraph.
  • Kotak isian After, diisi dengan jarak spasi sesudah paragraph.

5.      Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi dengan jarak spasi baris yang diinginkan.
  • Single untuk jarak spasi satu.
  • 1.5 lines, untuk jarak spasi satu setengah.
  • Double, untuk jarak spasi dua.
  • At least, untuk menentukan jarak spasi minimal.
  • Exactly, untuk menentukan jarak spasi yang pasti.
  • Multiple, untuk menggandakan jarak spasi Single menjadi Dua, 1.5 lines menjadi Tiga dan Double menjadi Empat.

6.      Contoh format paragraf yang anda pilih dapat dilihat pada kotak Preview.
7.      Klik OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar